Hymne Politeknik Pelayaran Surabaya

>> Senin, 23 September 2013

Beberapa waktu yang lalu saya diberi kesempatan membuat lagu untuk institusi tempat saya bekerja. Senang rasanya karena saya bisa berkarya dalam urusan musik. Urusan yang sepenuhnya melibatkan kesenangan.


Lagu yang saya buat dinamai Hymne Politeknik Pelayaran Surabaya dan telah diresmikan sebagai hymne institusi pada upacara beberapa waktu lalu. Tempo hari saya baru tahu bahwa lagu ini dinyanyikan setiap hari, setiap kali apel pagi oleh seluruh taruna sebelum segala aktivitas ketarunaan dimulai. Mulanya saya kira hanya untuk kegiatan resmi seremonial. 

Layaknya sebuah lagu 'rakyat', hymne saya susun agar bisa dinyanyikan oleh semua kalangan. Itu sebab melodi yang saya rancang sedapat mungkin gampang diingat dan dijangkau kemampuan vokal normal rata-rata. Dalam versi paduan suara, awalnya lagu ini dibuat untuk keperluan paduan suara laki-laki, karena paduan suara yang kelak menyanyi di kemudian hari hanya melibatkan penyanyi laki-laki. Sekolah ketarunaan ini memang memiliki taruna perempuan dalam jumlah yang sangat terbatas dari tahun ke tahun. 

Berikut adalah rekamannya. Dinyanyikan oleh Irfan Zidni (sekretaris batalyon), taruna DP IV angkatan 25.






Untuk partiturnya, sementara belum saya unggah untuk bisa diunduh. Laptop tempat menyimpan berkasnya sedang bermasalah dan butuh servis. :)

0 komentar:

Posting Komentar